Kamis, 22 Juli 2010

Linux (Ubuntu) pun menerbangkan saya


Disclaimer : Posting ini bukan posting iklan, kalau saya mencantumkan brand tertentu ini merupakan bagian dari pengalaman. Saya tidak bertanggung jawab atas ketidakpuasaan dan segala sesuatu yang merugikan pemakai jasa produk ini.

Judul posting ini bukan merupakan ketakaburan saya kepada Allah yang maha Kuasa atas Qadar dan nikmat yang di berikanNYA namun hanya merupakan ungkapan terimakasih kepada salah satu faktor kecil yang berpengaruh terhadap salah satu dari sekian banyak nikmatnya.Nastaghfirullah...saya berlepas diri dari kesombongan ketika menuliskan postingan ini.
Kurang lebih 1 Tahun 4 Bulan saya bekerja di tempat ini dan saya lebih intens bergaul dan bercengkrama bersama ubuntu. Suka dan Duka saya bersamanya ...jie lahh (sok puitis).Dan bersama ubuntu itu pula (kadang saya panggul, kadang saya seret dan kadang juga saya dorong) yang mengantarkan saya bisa menginjakkan kaki di beberapa bandara di beberapa tempat di indonesia (kecil kemungkinan gan..bisa naik pesawat klo ga di biayain kantor ..hehe).
Beberapa Bandara yang saya singgahi antara lain (sambil belajar nama-nama bandara ..he he):
1.Bandara SOETTA di Jakarta
2.Bandara JUANDA di Surabaya
3.Bandara AHMAD YANI di Semarang
4.Bandara HANG NADIM di Batam
5.Bandara SELAPARANG di Mataram
6.Bandara El TARI di Kupang

Dari semua penerbangan itu saya menggunakan jasa Lion Air (karena bugdet untuk saya ya cuma segitu kalo saya manager mungkin saya naik Garuda).
Lantas ngapain saya gotong-gotong ubuntu ke sana.
di beberapa tempat tersebut klien memasang server (serveran) produksi dengan Linux ubuntu 8.04.
Aplikasi yang ditanam di dalamnya antara lain:
1.Web Server
2.Script rsync data ke pusat
3.SSH tanpa password ke pusat
4.RAID 1 sofware
5.Sharing Internet
6.Database dengan Mysql

Saya tidak tahu apakah masih bertambah lagi bandara-bandara yang akan saya singgahi, pengenya sih bertambah (ngarep.com).
Akhirnya saya hanya memotivasi kepada saya sendiri untuk selalu "Continue Learning" ilmu apa saja tentunya yang bermanfaat karena suatu saat nanti ilmu itu akan memberikan hal yang luar biasa buat kita.

Thank u Allah
Thank u mas dian
Thank u Linux...

7 komentar:

  1. mangsstaabbbeuughh...
    artikelnya yang rapi ya pak...
    biar aseek bacannya

    apalagi yang step-by-step tutorial

    BalasHapus
  2. ok ..hatur nuwun masukannya akan saya rapikan

    BalasHapus
  3. Mantabst... Bang..Wah udah jadi master Linux nich...!!!

    BalasHapus
  4. bukan master...masih sangat newbie.bahkan semakin lama semakin tambah bodoh.Terima Kasih sudah mampir di mari...

    BalasHapus
  5. cihuy...
    kapan yaa bisa ikutan nyusul jejaknya mas harun.. hahaa

    BalasHapus
  6. Saya Do'akan semoga bisa melebihi saya.keliling dunia bahkan..he he.supaya semakin tambah syukur kita sama yang telah memerahkan Cabe yg awalnya Hijau.

    BalasHapus