Kamis, 22 Juli 2010

Install Canon iR-3300 (fotocopy + Print) di ubuntu 9.10


Siang ini saya membaca blognya mas vai..http://vavai.com/2010/07/21/printermesin-fotocopy-canon-ir-2016-dan-opensuse-11-3/. Karena di tempat saya juga ada Mesin fotocopy Canon iR-3300 knapa tidak saya coba juga.
Lalu saya meluncur ke tkp di sini
File saya simpan di /home/Rasyid/Dekstop/g1073enx.rpm,Karena file yang saya dapatkan berektensi .rpm (g1073enx.rpm) maka saya harus menggubahnya ke .deb.
di Ubuntu kita tinggal install aplikasi alien untuk menggubah file tersebut.

1.install aplikasi alien
sudo apt-get install alien
2.Convert dari .rpm ke .deb.
sudo alien -d g1073enx.rpm
file yang di hasilkan cque-en_1.0-12_amd64.deb
3.Install paket .deb tersebut
sudo dpkg -i cque-en_1.0-12_amd64.deb

lalu tinggal Add printer dari menu System -> Administration -> Printing
dan mencoba printing dari karmic saya dan berhasil...

Bagi rekan-rekan yang menggunakan linux khususnya ubuntu dan ingin memilih printer yang di support oleh linux mungkin merk HP menjadi pilihan yang perlu di pertimbangkan. Dari pengalaman saya menggunakan Ubuntu 8.04 beberapa printer HP yg telah saya gunakan misalnya HP1006,HP1022,HP1505n HP All in One (Printer,Scaner,Copy) f735, HP All in One K209Z ramah dengan ubuntu dengan terlebih dulu menginstall HPLIP.

4 komentar:

  1. judulnya agak bingung pak...
    kalo nyari di google agak susah tuh

    BalasHapus
  2. saya ganti dech judulnya...tengkiu ya dah mampir di blog saya..

    BalasHapus
  3. klo ane "gak bisa" coment judulnya pak...
    tetep bagus aje wat isinye pak harun...
    cakep da ah..hehe

    congratulangit pak harun coretannya
    *congratulangit (engkong2 nyangkut di langit)..gmn trunya ituh..hehe

    -Junior Empaty-

    thx

    BalasHapus
  4. wakakak..lucu pisan eui komennya. tengkyu sdh ngintip blog ini..

    BalasHapus